PT. Dua Samudera Perkasa sebagai perusahaan yang
memberikan jasa pelayanan pelabuhan semakin diperkuat dengan pencapaian
standar manajemen mutu ISO 9001 : 2008. Secara berkala, PT. DSP
melakukan internal audit dan eksternal audit guna menjaga kwalitas dari
standar manajemen mutu ISO 9001 : 2008. PT. DSP juga secara konsisten
menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu ISO 9001 : 2008 melalui
evaluasi internal di committal meeting, yang dilakukan secara berkala
mingguan dan bulanan untuk mendeteksi permasalahan operasional
perusahaan, dan memperkuat koordinasi antar departemen agar berjalan
dengan baik.
Berikut bincang singkat JhonlinMagz bersama AG. Hartantono, Direktur
Utama PT. Dua Samudera Perkasa, terkait Standar Manajemen Mutu ISO
9001:2008.
Bagaimana perkembangan Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 saat ini di PT. DSP?
Secara konsisten PT. DSP menerapkan prinsip-prinsip Manajemen Mutu ISO
9001 : 2008, melalui Committal Meeting kami terus melakakuan evaluasi
kegiatan perusahaan dan membanguna kerja sama dan koordinasi antar
departemen, agar lebih solid. Begitu juga halnya dengan sistem aplikasi
Ellipse, secara konsisten kami gunakan, agar data dapat disajikan dengan
tepat dan akurat, sehingga manajemen dapat mengambil keputusan yang
tepat, efektif dan efisien.
Pengaruh paling signifikan setelah PT. DSP menggunakan ISO 9001 : 2008 dibanding sebelumnya?
Pengaruh paling signifikan terletak di peningkatan kwalitas kerja
karyawan, karena Standar Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 membentuk budaya
kerja yang taat kepada sistem dan mekanisme kerja juga sesuai dengan
SOP (Standard Operational Procedure).
Berapa lama proses yang dibutuhkan PT. DSP dalam mencapai sertifikasi ISO 9001 : 2008?
Proses Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 PT. DSP dicapai dalam
kurun waktu kurang lebih 2,5 bulan. Biasanya, perusahaan lain diluar
Jhonlin Group membutuhkan waktu sekitar 6 bulan.
Untuk kedepannya, bagaimana strategi menjaga kontinuitas penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 di PT. DSP?
Kunci mempertahankan Sertifikasi ISO 9001 : 2008 adalah dengan
membudayakan kerja taat dengan system dan continous improvement, hal
inilah yang akan terus dijaga dan dipertahankan oleh manajemen PT. DSP.
Secara khusus, manajemen PT. DSP harus memastikan bahwa tugas dan
tanggung jawab serta wewenang masing-masing bagian telah dilaksanakan
sesuai dengan struktur organisasi yang ada berdasarkan SOP yang telah
dibuat. Manajemen juga memastikan proses yang diperlukan untuk sistem
Manajemen telah ditetapkan, diterapkan dan dijalankan secara konsisten.
Kemudian memastikan bahwa proses komunikasi dalam organisasi telah
dijalankan, sehingga dapat menjamin keefektifan sistem manajemen mutu
tersebut. Dan secara berkelanjutan, manajemen PT. DSP melakukan evaluasi
sistem manjemen mutu organisasi pada selang waktu yang terencana, untuk
memastikan kesesuaian, kecukupan dan keefektifan sistem manajemen mutu
yang berkelanjutan.
Saturday, May 31, 2014
A.G Hartantono, Standar Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Di PT. Dua Samudera Perkasa
Admin jhonlinmagz | Saturday, May 31, 2014