Thursday, May 17, 2012


“Jhonlin Lestari merupakan cikal bakal Taman Wisata Alam terbaik di Tanah Bumbu, dan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, sebagai alternatif tempat hiburan dan sekolah alam” ujar Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan disela pidato pembukaannya.


Pada tanggal 7 Desember 2011,bertempat di halaman penangkaran Buaya Jhonlin Lestari, Menteri Kehutanan bersilaturahmi dengan angkatan baru Manggala Agni cabang Kalimantan Selatan dan menanda tangani peresmian Gedung Brigdalkarhut Daops Banjar, didampingi oleh Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Bupati Tanah Bumbu, H Mardani H Maming, Kapolda Kalsel Syafruddin dan Kepala BKSDA Kalsel Bambang Dahono Adji. Kunjungan ini juga sekaligus meninjau persiapan pembukaan kawasan wisata Jhonlin Lestari.

“Kerja sama antara Jhonlin Lestari dan BKSDA merupakan kolaborasi yang baik, melestarikan flora dan fauna demi menyelamatkan dari kepunahan” ujar Bambang Dahono Adji.

Menteri Kehutanan mengharapkan, agar di kawasan Jhonlin Lestari ini ditanami dengan tumbuhan khas Kalsel dan hewan yang dipelihara juga merupakan hewan khas Kalsel “agar Jhonlin Lestari memiliki ciri yang berbeda dengan lainnya dan anak cucu kita nanti masih bisa mengetahui apa saja flora dan fauna khas kalimantan Selatan” ujar beliau.
Menteri Kehutanan menyalami Manggala Agni Kalsel
Peresmian Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Daerah Operasi Banjar
Menteri Kehutanan meninjau maket pembangunan Kawasan
Konservasi Jhonlin Lestari yang akan dibangun

Didampingi oleh Pejabat Pemerintahan Daerah kalsel, Menteri Kehutanan mengelilingi kawasan konservasi Jhonlin Lestari, semabri memberikan pengarahan-pengarahan agar kawasan Jhonlin Lestari dapat menjadi kawasan konservasi yang bernilai guna “saya belum pernah melihat di kalimantan semangat yang tinggi dalam usaha melestarikan Flora dan Fauna, kawasan ini layak untuk mendapat perhatian khusus, karena dari sinilah nantinya anak cucu kita mengerti akan sejarah Flora dan Fauna Kalimantan, jadi mereka tidak hanya mengetahuinya dari buku-buku sejarah dan hanya bisa melihat gambar-gambarnya saja. Namun bisa melihat dan mempelajarinya langsung di Kawasan Konservasi Jhonlin Lestari” ujar beliau kepada Gubernur kalsel, saat meninjau area Jhonlin Lestari. “saya harapkan 2-3 tahun lagi, kawasan ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat” beliau menambahkan.